Gebrakan Dukcapil Manado, Memberikan Pelayanan Prima Buat Masyarakat

7PMNEWS.ID, MANADO-Sebagai instansi  yang merupakan garda terdepan Pemkot Manado  dalam memberikan pelayanan maksimal kepada ratusan ribu masyatakat Kota Manado,  Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil  Manado tanpa henti terus melakukan inovasi, cepat dan tepat sasaran.  Menurut Kadis Dukcapil Manado, Erwin Samson Kontu,SH,  semua  terobosan terus dimaksimalkan agar pelayanan Dukcapil benar-benar prima, meminimalisir  keluhan dan semua terlayani dengan baik.

Dihubungi Rabu (16/7) di ruang kerjanya, Ewin Kontu  yang juga masih rangkap jabatan sebagai Kadis Kominfo Kota Manado  dengan jujur mengakui masih ada beberapa  pihak yang mencoba mamanfaatkan kesempatan dengan mengatasnamakan Dukcapil untuk mencari keuntungan. Namun, kini ruang gerak mereka  mulai dibatasi.

Bacaan Lainnya

‘’Semisal  penetapan dari Pengadilan Negeri asli tapi sebenarnya aspal (asli tapi palsu-red).Maka dari itu kamu langsung berkoordinasi  dengan PN Manado untuk bekerjasama,’’ ungkapnya.

Jadi, tambahnya, setiap setiap Keputusan yang berhubungan dengan Capil dapat langsung diakses oleh Capil.

‘’Tujuannya adalah bukan hanya untuk mempercepat proses,  tapi untuk melihat bahwa putusan yang ada adalah asli. Karena dulu banyak yang aspal dan bersyukur Pengadilan Negeri mau bekerjasama dengan Capil. Jadi ketika sudah ada putusan dari PN dapat di akses di Capil. Malahan sekarang ada kerja sama antara PN, Capil dan Posbakum dengan tujuan untuk membantu dan mempermudah dalam melayani masyarakat dan ini sama sekali gratis,’’ tambah Ewin Kontu.

Masyarakat tinggal datang ke Posbakum, dan Posbakum akan memfasilitasi masyarakat datang ke PN untuk membawa dokumen yang diperlukan. Dan pada saat PN menyatakan bahwa dokumen tersebut telah lengkap, Hakim dan Panitera yang akan datang ke capil untuk melakukan pengadilan keliling.

‘’Jadi masyakat tidak perlu datang ke PN, langsung saja ke Capil untuk mengikuti proses sidang hingga putusan di Capil. dan itu free. ‘’tegasnya.

Maksimalnya pelayanan Dukcapil  membuat  mereka belum lama ini diganjar dua penghargaan bergengsi yaitu Dukcapil Prima Award 2024 dan Gakkum Award 2024. Dukcapil Prima Award 2024 diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri RI atas keberhasilan Disdukcapil Manado dalam memberikan pelayanan terbaik dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Sementara itu, Gakkum Award diberikan terkait dengan penegakan hukum dalam bidang kependudukan dan pencatatan sipil.

Selain itu, Pemerintah Kota Manado juga meraih penghargaan Bhumandala Award 2024 untuk dua kategori, yaitu Kinerja Simpul Jaringan Informasi Geospasial Terbaik dan Kategori Pem, yang terkait dengan pemanfaatan data geospasial dalam tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Masyarakat Manado saat ini sangat terbantukan.

‘’Untuk itu di era saya saat ini, tiap pagi harus briefing agar supaya kita dapat memaksimalkan kinerja dan layanan terhadap masyarakat. dan kami bekerja dari pukul 07.30 pagi, kemudian istirahat makan hanya 1 jam kemudian lajut sampai sore bahkan sampai masyarakat sudah tidak ada di loket pelayanan. Dan bahkan juga hari Sabtu capil tetap buka,’’ tuturnya.

Kontu juga meminta kepada Walikota untuk juga memperhatikan kesejahteraan pegawai Dukcapil. Diakuinya,  dalam memberikan pelayanan yang prima, segala pengurusan tidak hanya berpusat di kantor Dukcapil yang ada di Pemkot Manado. Namun masyarakar juga  dapat mengunjungi MPP atau Mall Pelayanan Publik yang ada di Kecamatan Wenang –kawasan Manado Town Square,. agar supaya masyarakat yang berasal dari daerah Malalayang dan sekitarnya tidak perlu jauh-jauh datang ke Tikala. Karena di MPP juga ada layanan dari Disdukcapil untuk masyarakat.

‘’Saya juga berupaya meminimalkan calo-calo dengan masif turun ke lapangan jemput bola untuk melayani masyarakat dimana pun  mereka berada.  Kami juga ada pelayanan khusus atau pelayanan yang di tujukan untuk kaum difabel, lansia dan bahkan orang sakit.  jadi masyarakat tinggal lapor saja ke capil, maka kami akan menindaklanjuti.*

Peliput: Kres Doot

 

 

Pos terkait